Selasa, 10 November 2009

Italia

Republik Italia (bahasa Italia: Repubblica Italiana atau Italia) adalah sebuah negara di Eropa selatan yang terdiri dari sebuah semenanjung yang berbentuk sepatu boot dan dua pulau besar di Laut Tengah: Sisilia dan Sardinia. Italia berbagi perbatasan bersaljunya di utara dengan Perancis, Swiss, Austria dan Slovenia. Negara San Marino dan Vatikan adalah enklave di dalam wilayah Italia.

Penduduk Italia sebagian besar beragama dan berbahasa sama namun dengan budaya, ekonomi, dan politik yang beragam. Italia memiliki kepadatan penduduk terbesar kelima di Eropa dengan 196 penduduk per kilometer persegi. Kelompok minoritas penduduk asli kecil jumlahnya.

Meskipun Katolik Roma adalah agama mayoritas (85% kelahiran di Italia umumnya beragama Katholik), ada beberapa komunitas yang merupakan bagian Gereja Protestan, dan juga Bené Roma yang telah menjalankan Judaisme di Italia selama ribuan tahun. Dan ada juga komunitas imigran Muslim (lihat: Islam di Italia).

Motto: "L'Italia è una Repubblica democratica, fondata sul lavoro" — "Italia adalah sebuah republik yang demokratis, dibangun di atas hasil karyanya"

Lagu: Il Canto degli Italiani

Ibu kota :Roma

Bahasa resmi :Italia (Bahasa Perancis juga merupakan bahasa resmi di Valle d'Aosta; bahasa Jerman juga merupakan bahasa resmi di Trentino-Alto Adige.)

Pemerintahan :Republik
- Presiden :Giorgio Napolitano
- Perdana Menteri :Silvio Berlusconi

Penyatuan
Air (%) :2,4%

Penduduk
2006 memperkirakan :58.751.711 (23)

PDB (KKB) :2005 estimate
Total :US$1.620 miliar (8)
Per kapita :US$27.984 (20)

Mata uang :Euro 2 (EUR)(Mata uang sebelum tahun 1999 ialah Lira)

TLD :.it

Kode telepon :39

0 komentar:

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified